SEJARAH

STIT Darul Fattah berada di bawah naungan Yayasan Darul Fattah Bandar Lampung. Berdirinya STIT DF ini bermula dari sebuah Ma’had Aly Darul Fatah (MA DF) yang berkonsentrasi pada pembelajaran Bahasa Arab dan Al Qur’an sejak tahun 2001 yang memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswanya.

Dengan semakin banyaknya alumni yang dilulusakan Ma’had Aly DF yang berjenjang diploma dua itulah, pada tahun 2006 Yayasan Darul Fatah mulai membuka jenjang pendidikan sarjana (strata satu) dan sekaligus mengajukan izin operasional Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Fatah (STAI DF) Bandar Lampung dengan membuka Jurusan Dakwah Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam dan Jurusan Tarbiyah program studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab.

Setelah di lakukan evaluasi dan site visit oleh Depag Pusat, akhirnya pada tahun 2007 mendapatkan izin operasional secara resmi dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Islam Departemen Agama Republik Indonesia dengan Jurusan Tarbiyah Progam Studi Pendidikan Bahasa Arab di bawah STIT, dengan SK. Dirjen No. Dj.I/220.D/2007 tanggal 28 Mei 2007. Dan tahun 2009 mendapatkan izin perpanjangan dengan nomor Dj.I/690/2009 tanggal 12 November 2009.

Kemudian pada tahun 2011, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab STIT DF terakreditasi BAN –PT, dan kemudian di tahun 2016 Melakukan reakreditasi yang kedua. Hingga saat ini STIT Darul Fattah sudah terakreditasi baik institusi maupun program studinya.